Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the acf domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/hmd.sipil.ft.um.ac.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6121
SPEKTRA 2025: Aksi Mahasiswa Sipil UM Warnai Sekolah Pendidikan Dasar dengan Keceriaan - HMD Teknik Sipil dan Perencanaan

SPEKTRA 2025: Aksi Mahasiswa Sipil UM Warnai Sekolah Pendidikan Dasar dengan Keceriaan

Dengan semangat “Bersama Sipil, Berbagi Ilmu, Untuk Negeri”, Himpunan Mahasiswa Departemen Teknik Sipil dan Perencanaan FT UM Hadirkan Kegiatan Pembelajaran yang Interaktif dan Penuh Keceriaan untuk Para Siswa

Sumberejo, 10 Mei 2025 — Kegiatan pengabdian masyarakat yang digelar oleh
Himpunan Mahasiswa Departemen Teknik Sipil dan Perencanaan FT UM melalui
agenda Aksi Sipil Pendidikan dengan judul SPEKTRA: Sipil Peduli Edukasi
dan Keceriaan. Bertempat di SDN 6 Sumberejo Kecamatan Gedangan,
Kabupaten Malang, kegiatan ini menjadi ajang belajar sambil bermain yang
membawa nuansa ceria dan penuh makna serta sebagai upaya mendorong
interaksi positif dan penanaman soft skill sejak dini bagi anak-anak.

Dengan mengusung tema “Bersama Sipil, Berbagi Ilmu, Untuk Negeri”,
SPEKTRA 2025 yang dilandasi oleh semangat mahasiswa untuk turut serta dalam
pemerataan pendidikan menjadi salah satu wujud implementasi Tri Dharma
Perguruan Tinggi, khususnya dalam aspek pengabdian masyarakat. Bagi
mahasiswa, kegiatan ini juga menjadi ruang aktualisasi untuk mengembangkan
kepedulian, komunikasi, dan kolaborasi secara langsung di tengah masyarakat.

 Nah, kegiatan ini dimulai dengan pembukaan dan sambutan-sambutan terlebih
dahulu, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan buku donasi. Setelah itu, suasana ceria
langsung menyelimuti lapangan sekolah lewat senam pagi bersama, disusul sesi
literasi, ice breaking, dan puncaknya yaitu kegiatan belajar dan bermain interaktif
di dalam kelas. Kegiatan belajar dan bermain ini difokuskan dalam bentuk
kelompok sebagai bentuk adaptasi para siswa untuk menguji pengetahuan dan
kekompakan.

Berbagai senyuman, tawa, dan candaan mewarnai ruang kelas kala itu. Semua siswa mengikuti kegiatan dari awal hingga kegiatan selesai dengan baik serta keaktifan para siswa yang menunjukkan antusias mereka selama kegiatan membuat semangat kami pada saat itu juga semakin memuncak. Selanjutnya, sesi kegiatan diakhiri dengan penyampaian kesan dan pesan dari para siswa selama mengikuti kegiatan dan juga sesi pembagian hadiah bagi tiap kelompok terbaik di tiap kelas.